Rabu, 02 April 2008

Pentingnya Zat Putih Telur




Pentingnya Zat Putih Telur

Mengapa protein atau zat putih telur amat penting berada dalam makanan? Sebab dari proteinlah protoplasma yang hidup dalam sel itu dibuat. Bahan hidup yang ajaib ini terus menerus mengisap dan menggunakan tenaga. Sebagian dari tenaga ini dibutuhkan untuk pertumbuhan sel itu sendiri.

Yang tersisa dipakai untuk pekerjaan yang dilakukan oleh sel itu dan untuk panas yang ia hasilkan. Itulah yang menjadikan kita tetap hangat dan hidup. Selama kita hidup dan sehat-sehat saja, sel-sel kita itu akan mempertahankan suhu tubuh yang sama tanpa menghiraukan cuaca. Untuk melakukan tugas ini, sel-sel itu harus mempunyai protein dan hidrat arang yang cukup.

Bahan protein dibentuk mula-mula sekali dalam tanaman dan pepohonan. Pabrik kecil di dalam daun dan akar bekerja terus menerus dan mengubah bahan kimiawi alam yang sederhana menjadi bahan yang serba rumit, seperti protein, hidrat arang, dan lemak, untuk digunakan di dalam tubuh manusia, demikian IDI melaporkan.

Hidrat arang dan lemak menyediakan tenaga untuk semua sel tubuh. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Protein adalah sekelompok zat-zat yang paling rumit yang diketahui dalam bidang ilmiah dewasa ini.

Untunglah kita tidak perlu mengerti ilmu kimia makanan dan sel, sebelum kita memesan makanan. Hal ini tak perlu menyusahkan kita. Biarlah kita serahkan hal itu kepada para ahli ilmu pengetahuan dengan mikroskop dan perlengkapan mereka yang serba halus. Yang penting bagi kita adalah mengetahui dengan pasti bahwa kita mempunyai cukup protein di dalam makanan kita sendiri, karena inilah bahan makanan yang membangun tubuh yang kuat dan sehat.

Protein diperlukan terus menerus untuk perbaikan jaringan yang rusak. Protein penting untuk pembentukan tulang dan otot yang kuat pada anak-anak yang sedang tumbuh dan diperlukan juga seumur hidup. Kita tidak pernah akan hidup sehat kecuali kita mendapat cukup protein.

Protein bukan saja merupakan zat yang amat rumit, melainkan banyak sekali jenisnya yang belum diselidiki. Setiap jenis protein dilengkapi sejumlah tertentu building block atau asam amino, yang selalu diatur dalam urutan tertentu menurut jenis protein. Protein yang lebih rumit mempunyai lebih banyak asam amino.

Beberapa protein seperti albumin, mudah sekali larut dalam air. Yang lain seperti globulin, hanya dapat dilarutkan dalam cairan. Baik albumin maupun globulin terdapat di dalam peredaran darah bersama-sama dengan banyak macam protein yang lain, yang semuanya perlu untuk kehidupan. Semua protein di dalam tubuh terus menerus diubah dan digunakan.

Sebelum diserap oleh tubuh, semua protein dalam makanan harus dipecahkan lebih dulu menjadi asam amino. Ini terjadi dalam usus kecil. Dari situlah pecahan protein ini diangkut oleh peredaran darah ke hati dimana protein itu diubah dan disimpan serta siap untuk digunakan dalam waktu mendatang. Dan dalam segala jaringan, pecahan protein ini akhirnya disenyawakan kembali dengan sejenis protein yang diperlukan oleh setiap macam sel.

0 komentar:

Posting Komentar